Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

Makanan terbaik untuk kecerdasan otak | Pada umumnya kecerdasan seseorang dipengaruhi internal yaitu faktor genetika. Namun tidak menutup kemungkinan ada beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan seseorang. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kecerdasan otak seseorang adalah kesehatan, aktivitas fisik, faktor lingkungan dan juga nutrisi makanan. Sehingga untuk mendukung kecerdasan seorang anak, para orang tua dapat membantu dengan cara memberikan nutrisi makanan terbaik untuk mendukung dan merangsang kecerdasan mereka.

makanan terbaik untuk kecerdasan otakTahukah anda makanan apa saja yang dapat merangsang kecerdasan otak? Berikut adalah makanan untuk kecerdasan otak.

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

  • Sayuran berwarna

Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan antioksidan yang akan membuat sel-sel otak sehat. Mengkonsumsi variasi sayuran memang sangat penting untuk kesehatan meskipun pada kenyataannya anak-anak tidak menyukai sayuran, untuk itu anda dapat membuat olahan cemilan dari bahan dasar sayuran.

  • Selai kacang

Kacang tanah dan selai kacang merupakan salah satu sumber vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Kandungan thiamin dan vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk membentuk energi yang dibutuhkan tubuh

  • Seluruh biji-bijian

Otak membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan sehingga gandum dapat mendukung kebutuhan tubuh anda dengan kandungan serat yang dihasilkan dari biji-biji nya. Serat yang terdapat pada biji-bijian akan membantu dalam mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum akan menjaga sistem saraf untuk tetap berfungsi sehat.

  • Jenis Buah

Secara umum, warna yang kuat terkandung di dalam buah cherry, blackberry, strawberry dan blueberry mengandung kecukupan gizi yang baik untuk kecerdasan anak. Kelompok buah Berries mengandung kadar antioksidan yang tinggi, apalagi kandungan vitamin C yang mampu menangka radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menunjukkan kandungan dari ekstrak strawberry dan blueberry mampu memperbaiki fungsi daya ingata. Selain itu biji dari buah-buah berry kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan dalam kesehatan otak terutama kecerdasan.

  • Kacang-kacangan

Kacang adalah cemilan istimewa karena makanan dari kacang kacangan memiliki energi yang berasal dari protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang-kacangan mengandung serat, vitamin dan juga mineral. Kacang adalah makanan yang baik untuk otak anak anda dikarenakan dapat mempertahankan energi dan juga kemampuan berpikir. Menurut hasil penelitian, kacang merah mengandung lebih banyak asam lemak omega-3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA – jenis asan lemak omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

  • Susu dan Yogurt

Makanan yang berasal dari produk susu memiliki kandungan protein tinggi dan vitamin B. Kandungan protein dan vitamin B merupakan nutrisi penting dalam perumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Mengonsumsi Susu, olahan susu atau yogurt juga bisa membuat perut bertahan dari lapar karena adanya kandungan protein dan karbohidrat serta menjadi sumber energi bagi otak anak anda. Penelitian menemukan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting untuk otot dan saraf sistem siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

  • Brokoli

Makanan untuk kecerdasan otak anak selanjutnya adalah Brokoli. Sayuran ini memiliki nutrisi dan gizi yang sangat tinggi. Tak hanya itu, brokoli juga kaya akan Vitamin C, Vitamin K serta kolin. Di mana nutrisi tersebut sangat baik untuk otak. Manfaat brokoli lainnya adalah untuk meningkatkan kognitif anak, hal ini dikarenakan brokoli mengandung Vitamin K. Sehingga pada saat usia lanjut ini dapat menunda penyakit demensia. Sedangkan kolin bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan neurotransmitter. Tak hanya untuk kecerdasan otak, brokoli juga sangat baik untuk kesehatan. kandungan vitamin C pada brokoli dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit dan tetap fit setiap hari.

  • Telur

Seperti yang anda ketahui, telur merupakan salah satu makanan yang kaya akan sumber protein. Kandungan kolin pada kuning telur, sangat bermanfaat untuk perkembangan daya ingat dan fungsi memori. Tak hanya itu, kolin juga dapat meningkatkan produksi sel induk memori di otak serta dapat membuat anak tidak mudah lelah dalam menjalani aktifitas hariannya. Namun sebaiknya mengonsumsi telur jangan terlalu berlebihan. Cukup satu butir setiap harinya. Mengapa demikian? Karena kuning telur mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan si kecil.

  • Salmon

Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banya diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan. Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon.

  • Gandum murni

Otak membutuhkan persediaan atau suplai glukosa dari tubuh yang sifatnya stabil atau konstan. Gandum murni mempunyai peran untuk menduku kebutuhan itu. Serat yang terkandung di dalamnya bisa membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B yang berguna dalam memelihara kesehatan sistem saraf.

Makanan sehat untuk nutrisi otak diatas hanya sebagian kecil dari manfaat alam. Semoga para ilmuwan dapat menemukan lagi makanan sehat alami dan terbaik untuk kecerdasan otak manusia.

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Makanan Terbaik Untuk Kecerdasan Otak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *