Mengenal Gangguan Pola Makan

Mengenal Berbagai Macam Gangguan Pola Makan

Mengenal gangguan pola makan : Anorexia nervosa, Bulimia, Binge eating disorder yang harus anda ketahui saat ini.

mengenal gangguan pola makanMengenal gangguan pola makan | Gangguan pola makan kerap menyerang pada kaum wanita atau bahkan bisa menyerang siapa saja. Gaya hidup modern masyarakat perkotaan meningkat dan diikuti dengan perubahan gaya hidup yang dapat menimbulkan berbagai dampak negatif. Yang salah satunya adalah adanya gangguan pola makan atau sering disebut dengan eating disorder.

Secara fisik, kebiasaan ini akan mengganggu organ pencernaannya seperti kerongkong, lambung bahkan gigipun bisa terkena dampaknya akibat terganggunya zat asam dalam sistem perncernaan dalam tubuhnya.

Parahnya lagi bagi anda wanita yang mengalami gangguan pada pola makan seperti ini bisa mengganggu kesuburannya. Siklus datang bulan jadi terganggu adalah salah satu faktor utama yang paling umum.

Ada tiga jenis eating disorder yang sebaiknya anda ketahui agar anda tidak terjerumus menjadi salah satunya

Mengenal gangguan pola makan | Apa bahayanya bila seseorang dinyatakan positif menderita gangguan makan? Tidak lain adalah meningkatnya resiko serangan berbagai jenis penyakit, mulai dari anemia (kekurangan sel darah merah), gangguan pencernaan, osteoporosis (tulang keropos), gigi lekas tanggal, tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit gagal jantung dan kerusakan otak. Dan inilah jenis gangguan pada pola makan yang harus anda ketahui :

Anorexia nervosa

Gangguan pola makan jenis ini merupakan gangguan dimana penderitanya ingin sekali menurunkan berat badan namun dengan cara yang tidak sehat. Umumnya, si penderita akan memuntahkan makanan yang sudah mereka makan, mengkonsumsi obat pengurus badan, dan latihan berlebihan. Mereka membuat diri mereka kelaparan, karena mereka merasa tubuhnya gemuk meskipun secara penampilan mereka sudah terlihat kurus. Anorexia ini jika tidak segera ditangani dan dilakukan terapi bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Bulimia

Sama seperti penderita anoreksia, pengidap bulimia juga terobsesi untuk memiliki tubuh ramping. Hanya saja, mereka yang mengidap bulimia menyalurkan obsesi tersebut dengan mengeluarkan kembali semua makanan yang sudah dikonsumsinya, entah dengan cara muntah (menggunakan bantuan sikat gigi yang ditekan ke pangkal lidah), minum obat pencahar, ataupun dengan olahraga berlebihan. Penderita bulimia senang makan dalam porsi normal, namun kemudian merasa bersalah karena telah memasukkan kalori ke dalam tubuhnya. Emosi negatif tersebut baru bisa diatasi setelah makanan berhasil dikeluarkan kembali dari tubuhnya.

Binge eating disorder

Jenis yang terakhir ini adalah keadaan dimana si penderita memiliki kebiasaan makan yang berlebihan, dan tidak dapat mengontrol atau mengentikan nafsu makannya tersebut. Mereka akan sering makan meskipun perut sudah terasa kenyang secara terus menerus dan sering. Biasanya, si penderita akan berakibat kegemukan dan obesitas. Gangguan ini dikarenakan faktor stress. Mereka akan merasa bersalah dan depresi setelah makan banyak, namun mereka tidak melakukan apapun untuk berusaha menekan nafsu makannya. Gangguan ini jika dibiarkan akan berubah ke gangguan yang lebih parah yakni kedua gangguan di atas.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan tentangĀ Mengenal Gangguan Pola Makan yang wajib anda ketahui. Nah, apabila masalah psikis yang menjadi biang keladi munculnya gangguan makan bisa diatasi dengan baik, maka selanjutnya giliran pakar nutrisi turun tangan untuk membantu menerapkan pola makan sehat. Terakhir yang terpenting adalah dukungan dari keluarga dan orang terdekat untuk membantu menguatkan motivasi. Dengan komitmen yang kuat, maka kesembuhan yang diinginkan akan lekas tercapai.

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap harinya.

Baca juga artikel kami lainnya : Manfaat Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Mengenal Gangguan Pola Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *