Mengenal Antioksidan Yang Baik Untuk Tubuh

Mengenal Antioksidan Yang Baik Untuk Tubuh

Mengenal Antioksidan Yang Baik Untuk Tubuh karena kemampuannya untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

antioksidanSelamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kesehatan seputar Mengenal Antioksidan Yang Baik Untuk Tubuh yang perlu anda ketahui. Kebanyakan orang tidak mengetahui apa itu antioksidan padahal antioksidan merupakan senyawa yang baik bagi kesehatan kita, dengan antioksidan kita dapat menangkal serangan berbagai radikal bebas. Lalu apakah yang disebut dengan antioksidan?, kenapa bisa demikian, dan apa sumber alaminya?

Berikut Mengenal Antioksidan Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Antioksidan merupakan molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel. Antioksidan seperti tiol atau asam askorbat (vitamin C) mengakhiri reaksi berantai ini. Untuk menjaga keseimbangan tingkat oksidasi, tumbuhan dan hewan memiliki suatu sistem yang kompleks dari tumpangsuh antioksidan, seperti glutation dan enzim (misalnya: katalase dan superoksida dismutase) yang diproduksi secara internal atau dapat diperoleh dari asupan vitamin C, vitamin A dan vitamin E.

Antioksidan secara nyata mampu memperlambat atau menghambat oksidasi zat yang mudah teroksidasi meskipun dalam konsentrasi rendah. Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya. Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi. Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat merupakan sumber pasangan elektron yang baik.

Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya. Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik. Senyawa-senyawa golongan tersebut banyak terdapat di alam, terutama pada tumbuh-tumbuhan, dan memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas. Antioksidan yang banyak ditemukan pada bahan pangan, antara lain vitamin E, vitamin C, dan karotenoid.

Antioksidan banyak digunakan dalam suplemen makanan dan telah diteliti untuk pencegahan penyakit seperti kanker atau penyakit jantung koroner. Meskipun studi awal menunjukkan bahwa suplemen antioksidan dapat meningkatkan kesehatan, pengujian lanjutan yang lebih besar termasuk beta-karoten, vitamin A, dan vitamin E secara tunggal atau dalam kombinasi yang berbeda menunjukkan bahwa suplementasi tidak berpengaruh pada tingkat kematian. Uji klinis acak konsumsi antioksidan termasuk beta karoten, vitamin E, vitamin C dan selenium menunjukkan tidak ada pengaruh pada risiko kanker atau mengalami peningkatan risiko kanker. Suplementasi dengan selenium atau vitamin E tidak mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Dengan contoh-contoh ini, stres oksidatif dapat dianggap sebagai penyebab atau konsekuensi dari beberapa penyakit, merangsang pengembangan obat senyawa antioksidan potensial untuk mengobati penyakit.

Berikut ini adalah 7 Super Antioksidan yang baik untuk tubuh:

-Asam ellagic
Senyawa ini, banyak ditemukan dalam raspberry merah dan bisa dikatakan sebagai salah satu pelawan kanker yang paling ampuh karena memiliki sifat antimutagenik. Sebuah penelitian di Hollings Cancer Center di Medical University of South California (MUSC) menemukan bahwa asam ellagic berfungsi memperlambat pertumbuhan sel abnormal pada usus manusia dan mencegah terinfeksinya sel-sel dari human papiloma virus (HPV), yang terkait dengan kanker serviks.

mengenal antioksidan untuk kesehatan tubuhBahkan, senyawa tersebut hanya menyerang sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat, suatu proses yang bermanfaat dalam memerangi prostat, payudara, paru-paru, kanker kerongkongan dan kulit. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa asam ellagic dapat melawan penyakit jantung, mengurangi risiko cacat lahir dan mempercepat penyembuhan luka.
-Sumber: Raspberry merah, delima, stroberi, blueberry dan kenari.

-Proanthocyanidins
Antioksidan ini masih termasuk keluarga flavonoid. Proanthocyanidins adalah senyawa yang memberikan warna merah dan biru pada buah, dan telah terbukti bermanfaat untuk memperkuat kapiler, memperbaiki penglihatan dalam gelap, mendukung integritas dinding pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah. Proanthocyanidins dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, dan melindungi terhadap infeksi saluran kemih.
-Sumber: Kismis, biji anggur, kulit buah anggur, bilberry, cranberry, kismis hitam, teh hijau, teh hitam, kulit kayu pinus, kakao.

-Glutation
Glutation adalah molekul yang sangat kecil dan merupakan antioksidan yang paling penting karena berada di dalam sel. Molekul ini mampu menetralisir radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun dari tubuh. Glutation sering disebut “master antioksidan” karena berfungsi sebagai regulator dan regenerator dari kekebalan sel dan agen detoksifikasi yang paling berharga dalam tubuh manusia. Rendahnya tingkat glutation dalam tubuh erat kaitannya dengan disfungsi hati, disfungsi kekebalan tubuh, penyakit jantung, penuaan dini dan kematian.
-Sumber: Susu kambing, whey protein, asparagus, alpukat, peterseli, brokoli.

-Polyphenol
Mikronutrien ini mewakili kelompok besar antioksidan yang termasuk flavonoid dan anthocyanidins. Menurut sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, senyawa ini telah terbukti mencegah kondisi degeneratif, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular dan neurodegeneratif.
-Sumber: Stroberi, teh hijau, teh hitam, kulit anggur, anggur merah, bawang, brokoli, sayuran hijau, apel, blueberry, kakao (buah-buahan dan sayuran semua sebagian mengandung beberapa polifenol)

-Vitamin E
Bentuk yang paling populer dari vitamin E adalah alpha-tokoferol, disamping juga gamma-tokoferol. Sebuah studi dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa risiko kanker prostat turun secara signifikan dengan tingkat tinggi vitamin E. Diketahui bahwa pria dengan tingkat alfa-tokoferol yang tinggi dalam darah, 51 persen lebih rendah mengembangkan kanker prostat. Sementara orang yang tinggi tingkat gamma-tokoferol dalam darah, 43 persen lebih rendah terkena penyakit tersebut.
-Sumber: Kacang-kacangan, minyak sayur, minyak gandum, sayuran hijau.

-Karotenoid
Karetenoid adalah mikronutrien larut dalam lemak, yang dikenal dengan sebutan beta-karoten (yang dapat dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh). Mikronutien ini dipercaya ampuh melawan radikal bebas, menghambat dan mencegah kanker serviks, paru-paru, prostat, usus besar, endometrium dan kanker esofagus.
-Sumber: jeruk, sayur dan buah berwarna hijau tua dan kuning, seperti kentang manis, aprikot, lobak, wortel, melon, labu dan tomat. Telur dan spirulina juga sumber yang baik.

-Ozon
Ozon adalah super antioksidan dan super-detoks yang selektif menghilangkan virus, bakteri, logam beracun, dan patogen lain dari tubuh. Terapi ozon efektif untuk mengobati berbagai penyakit seperti lupus, rematik, skleroderma, eksim, jerawat, Lyme, kelelahan kronis, dan kondisi lain yang tak terhitung. Ozon bahkan telah digunakan untuk mengobati kanker di seluruh dunia selama 50 tahun terakhir, dengan tingkat keberhasilan yang mengesankan.

Berikut ini adalah paparan dari beberapa manfaat antioksidan bagi kesehatan kita.

-Menurunkan resiko kanker
Manfaat antioksidan untuk mencegah dan menurunkan resiko kanker sendiri sudah dibuktikan dalam banyak sekali penelitian. Penyakit kanker sendiri merupakan penyakit berbahaya di dunia saat ini, dengan jumlah penderitanya yang semakin bertambah dari hari ke hari. Salah satu penyebab utamanya adalah perubahan gaya hidup dari manusia ditambah dengan semakin banyaknya jumlah makanan tidak sehat menggunakan bahan pewarna dan pengawet buatan. Kondisi lingkungan yang semakin buruk banyaknya polusi pada udara dan air juga menjadi salah satu penyebab utama dari meningkatnya jumlah penderita kanker.

Bagaimana senyawa antioksidan dapat mencegah kanker? Mudah sekali jawabanya, senyawa antioksidan sendiri memiliki fungsi melindungi tubuh dari berbagai serangan radikal bebas yang menyerang tubuh, disamping itu senyawa antioksidan berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan juga menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Pada satu penelitian disebutkan mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan secara rutin ternyata dapat menurunkan resiko kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak.

-Mencegah kerusakan sel
Senyawa antioksidan mampu mencegah berbagai kerusakan sel tubuh seperti DNA dan membran sel yang dapat berakibat pada tidak berfungsinya organ tubuh secara optimal. Kerusakan sel biasanya disebabkan oleh serangan senyawa radikal bebas akibat dari pola hidup yang buruk seperti merokok, alkohol, stres dan depresi. Dengan demikian senyawa antioksidan secara tidak langsung meningkatkan kekebalan tubuh karena mampu melindungi sel tubuh.

Senyawa antioksidan secara tidak langsung juga menjaga kulit menjadi tetap awet muda karena melindung sel kulit dari kerusakan. Untuk diketahui salah satu penyebab utama dari penuaan dini atau kulit keriput adalah banyak sel kulit yang mati. Antioksidan juga mampu mempercepat regerasi sel kulit dimana sel kulit yang mati akan segera digantikan dengan sel kulit yang masih muda sehingga kulit akan terlihat tetap halus dan elastis. Maka tidak heran kalau bahan makanan yang mengandung senyawa antioksidan merupakan bahan yang sering digunakan pada produk-produk kecantikan.

Manfaat antioksidan bagi kesehatan sudah dijelaskan di atas, kita bisa mendapati senyawa antioksidan pada berbagai sayuran terutama sayuran yang berwarna seperti brokoli, bayam dll. Senyawa antioksidan juga bisa dengan mudah kita dapatkan pada buah-buahan seperti jeruk, apel, mentimun, mangga dll. Bisa dikatakan hampir semua buah-buahan mengandung senyawa antioksidan yang sangat baik bai kesehatan kita.

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Mengenal Binge Eating Disorder

Mengenal Antioksidan Yang Baik Untuk Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *