Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh

Sekilas Informasi Seputar Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu website resmi milik alfian herbal, yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh.

manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuhManfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh | Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung. Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom. Jamur merupakan salah satu sayuran yang memiliki berbagai varietas, sehingga banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan. Tanaman jamur mimiliki ciri tumbuhan dengan bentuk-bentuk yang khas, beberapa jenis jamur yang dibudidayakan di negeri sendiri seperti jamur jamur tiram dan shitake. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang banyak diminati konsumen. Tidak mengherankan karena selain rasanya yang lezat, sejumlah kandungan nutrisi dalam jamur tiram juga memberikan dukungan terhadap kesehatan tubuh. Berikut inilah beberapa manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh :

  • Pengendali Kolestrol Jahat

Nilai gizi jamur tiram setara dengan daging. Namun, yang membedakannya adalah kandungan kolestrol 0% di dalamnya. Kelebihan jamur tiram dibanding dengan daging adalah jamur tiram dapat memberi asupan gizi yang cukup tanpa menambah kolestrol jahat pada tubuh. Pada penelitian yang dilakukan oleh United Statates Drugs and Andmiration juga membuktikan bahwa mengonsumsi jamur tiram secara rutin dapat menurunkan kadar koletrol jahat pada tubuh.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jamur tiram satu ini sudah dapat dibuktikan oleh para ahli kesehatan. Kandungan vitamin C dalam jamur tiram berperan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, jamur tiram juga mengandung magnesium yang juga baik untuk tubuh. Kandungan-kandungan tersebut membuat beberapa ahli merekomendasikan mengonsumsi tumbuhan ini secara teratur agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

  • Membantu Melawan Radikal Bebas

Jamur tiram mengandung senyawa yang cukup penting dan dibutuhkan oleh tubuh yakni riboflamin, niacin dan selenium. Antioksidan di dalamnya dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel tubuh menjadi rusak.

  • Asupan Nutrisi Bagi Ibu Hamil

Bagi wanita hamil yang sedang membutuhkan nutrisi yang lebih, bisa mengkonsumsi jamur tiram. Manfaat jamur tiram untuk ibu hamil yakni sebagai asupan nutrisi yang cukup dan dibutuhkan dalam sehari-hari agar tumbuh kembang janin semakin baik.

  • Penghancur Virus Tumor

Zat besi terdapat pada jamur tiram memiliki peranan penting yang membantu pertumbuhan limfosit. Senyawa ini berfungsi untuk menghancurkan sel-sel tumor atau virus penyakit. Bagi kaum adam, setidaknya harus mengkonsumsi 8 miligram zat besi setiap harinya sedangkan untuk wanita membutuhkan 18 miligram. Satu cangkir jamur tiram memiliki prosentasi 12 persen dari asupan sehari-hari untuk pria dan 6 persen bagi wanita.

  • Sumber Protein Alternatif

Jamur tiram mengandung asam amino yang sangat lengkap. Karena itulah, protein pada jamur tiram kering dapat mencapai 10.5-30.4% yang berarti lebih tinggi dari beras yang hanya 7.3% dan gandum yaitu 13.2%. bahkan, yang lebih mencengangkan adalah kandungan protein dalam jamur tiram bisa lebih tinggi dari pada susu sapi yang mencapai 25.2%.

  • Membantu Melindungi Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah

Zat ergosterol pada jamur tiram akan berubah menjadi vitamin D saat terkena sinar ultraviolet. Peran dari vitamin D disini untuk mengataur enzim kekebalan tubuh dan mengatur berbagai gen yang mempengaruhi pertumbuhan sel di dalam tubuh. Vitamin D pada jamur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

  • Pencegah Penyakit Kanker Payudara

Pada jamur terdapat beta-glucan dan asam linoleat. Untuk Beta-glucan sendiri dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada pria. Sedangkan asam linoleat memiliki peran untuk menekan timbulnya efek estrogen yang menyebabkan kanker payudara pada kaum hawa setelah menopause.

  • Anti Bakteri

Pada jamur tiram apabila saat dikonsumsi ternyata memiliki aktivitas antibakteri yang cukup signifikan. Seperti informasi yang diambil dari studi pada tahun 1997 yang diterbitkan oleh “Journal of Agricultural and Food Chemistry.” Mengatakan bahwa, senyawa benzaldehida aktif pada jamur tiram dapat mengurangi tingkat bakteri yang menyebabkan stres.

  • Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Jamur mengandung selenium yang bermanfaat untuk mencegah kanker prostat. Karena dalam suatu penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 kali porsi dalam sehari dapat menurunkan resiko kanker prostat.

  • Dapat Mengatasi Liver

Fungsi utama dari hati adalah sebagai penawar racun dan jikatidak di jaga dengan baik akan beresiko terkena penyakit liver. Salah satu fungsi jamur tiram sebagai antibakterial dan antitumor yang dapat sebagai penawar racun yang terdapatdalam tubuh.

  • Dapat Menurunkan Badan

Jamur memiliki kandungan protein yang tinggi akan tetapi memiliki kalori dan kolesterol yang rendah serta memiliki kandungan air yang tinggi hingga 80 %. Jamur juga kaya akan serat sehingga dapat menurunkan berat badan.

Kandungan Jamur Tiram Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini kandungan gizi jamur tiram yang kami kutip dari wikipedia | Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein. Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium. Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan. Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet.

Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. Kandungan proteinnya 10,5-30,4%.Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%. Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. 72%

Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.  Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi. Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium. Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb. Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Berbagai Jenis Jamur Lainnya

Ada banyak jenis jamur yang menawarkan daftar panjang manfaat kesehatan seperti kandungan dalam manfaat jamur tiram di atas. Berbagai jenis jamur umumnya hanya digunakan sebatas lauk pendamping saja, padahal jamur memberikan khasiat yang luar biasa seperti manfaat sayur sayuran lainnya. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Shitake

Jamur yang terlihat gemuk ini, mengandung lentinan yang merupakan senyawa anti tumor alami. Jamur shitake telah dikembangkan oleh Jepang untuk menjadi pengobatan anti kanker yang menguntungkan. Pada gilirannya, hal itu merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin D dan infeksi pertempuran.

2. Reishi

Jamur ini terlihat seperti bunga coklat dan putih besar yang terbuat dari kayu, memiliki sifat sebagai anti kanker, anti oksidan, anti-bakteri, anti virus dan anti jamur. Selain itu, jamur reishi mengandung asam gandodermic yang membantu mengurangi kolesterol yang pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa ons jamur reishi per hari adalah tambahan yang bagus untuk menu makanan.

3. Maitake

Setengah cangkir per hari dari jamur maitake dikatakan mampu menyapu sistem, menemukan sel-sel abnormal dan menyebabkan sel-sel kanker menghancurkan diri sendiri. Pada saat yang sama, juga dapat memicu tubuh untuk melepaskan pembunuh sel sistem kekebalan tubuh.

4. Chanterelle

Jamur yang terlihat seperti terompet kecil ini telah dikaitkan sebagai properti anti mikroba, bakteri dan jamur. Chanterelle juga manfaat vitamin C, D dan kalium yang tinggi.

5. Porcini

Jamur gemuk yang mirip dengan Portabello telah digunakan sebagai anti inflamasi. Berisi senyawa ergosterol yang mampu memberikan sitotoksisitas terhadap proses untuk menyerang sel-sel musuh.

6. Shimeji

Spesies jamur yang berbentuk panjang dan kecil dapat ditemukan di berbagai sup Asia atau sebagai hiasan. Pastikan untuk memperhatikan kandungan beta glukan. Menurut National Cancer Institute Jepang , senyawa ini adalah obat yang sukses untuk memperlambat dan menghancurkan tumor yang tumbuh. Jamur shimeji juga dapat membantu penderita dia

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Manfaat Kulit Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *