Kenali Sawi Hijau Yang Bermanfaat Cegah Kanker

Kini sawi hijau telah ditemukan khasiatnya sebagai pencegah kanker. Penasaran? Untuk itu kenali sawi hijau yang bermanfaat cegah kanker!.

Kenali sawi hijau yang bermanfaat cegah kanker -, Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi seputar “sawi hijau yang bermanfaat cegah kanker”.

Berikut Seputar Sawi Hijau Yang Bermanfaat Cegah Kanker dan Penyakit Lainnya

kenali sawi hijau yang bermanfaat cegah kankerSawi hijau merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi dan sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Brassica sinensis L. ini termasuk dalam keluarga Brassicaceae. Ada dua jenis sawi yang pada umumnya dibudidayakan, yaitu sawi hijau dan sawi putih. Di samping itu, juga terdapat sawi yang jarang dibudidayakan, seperti sawi keriting, sawi huma, dan sawi monumen.

Sawi hijau mempunyai batang pendek dengan daun lebar, tak bersayap, dan berwarna hijau keputih-putihan. Sedangkan, sawi putih berbatang pendek, berdaun lebar dengan warna hijau tua, bertangkai halus dan panhang, serta bersayap. Sawi hijau termasuk sayuran yang mempunyai sedikit kalori, tapi mempunyai serat tinggi dengan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan gizi sawi per 100 gram.

Kandungan Sawi Hijau

  • Nama Bahan Makanan : Sawi Hijau
  • Nama Lain / Alternatif : Caisim / Caisin / Sawi Bakso
  • Banyaknya Sawi Hijau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Sawi Hijau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Sawi Hijau = 20 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Sawi Hijau = 1,7 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Sawi Hijau = 0,4 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Sawi Hijau = 3,4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Sawi Hijau = 123 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Sawi Hijau = 40 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Sawi Hijau = 1,9 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Sawi Hijau = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Sawi Hijau = 0,04 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Sawi Hijau = 3 mg
  • Khasiat / Manfaat Sawi Hijau : – (Belum Tersedia)
  • Huruf Awal Nama Bahan Makanan : S

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Selain itu, sawi hijau adalah sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium yang di percaya sangat baik untuk tubuh kita. sawi hijau tersebut, membuatnya banyak dikonsumsi di negeri sendiri. Selain sebagai salah satu sumber makanan sehat, harganya cukup terjangkau.

Sawi merupakan tanaman yang tumbuh didaerah dingin dan lembab. Meskipun sawi tanaman yang dapat tumbuh di musism tertentu, namun karena budidaya yang luas di Indonesia, sayur sawi dapat dicari kapanpun. Sawi banyak jenisnya, yang terkenal di Indonesia adalah sawi hijau dan sawi putih.

Inilah Manfaat Sawi Hijau Cegah Kanker

Sawi mengandung sulforaphane yang juga bersifat antikanker. Sebuah publikasi pada Journal Og Nutrition pada 2004 menunjukkan bahwa kandungan sulforaphane yang banyak pada golongan brassica (sawi-sawian) sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Dari beberapa hasil studi epedimelogi, diketahui bahwa mengonsumsi sayuran dari genus brassica dapat menurunkan risiko dari beberapa jenis kanker, yaitu kanker payudara, prostat, ginjal, kolon, kandung kemih, dan paru-paru. Sawi juga mengandung fitokimia glukosinolat yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit, terutama kanker. Glukosinolat dapat membantu mengurangi risiko penyakit kanker serta menjinakkan sel-sel kanker abnormal. Kandungan glukosinolat ini bisa meningkatkan atau menurunkan tergantung proses pengolahan, mulai mencuci, memotong, hingga merebus.

Manfaat Sawi Untuk Mencegah atau Mengobati Penyakit Lainnya

-Baik Untuk Diabetes

Satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria. Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama. Sawi hijau yang mmeiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit, mempromosikan keteraturan buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

-Menyehatkan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

-Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sawi hijau juga bagus untuk kulit karena dikemas dengan manfaat vitamin A, nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut. Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum rambut rambut, namun hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti hijau hijau. Kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup dalam makanan, juga dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Sawi hijau merupakan sumber zat besi yang besar, seperti yang terdapat pada manfaat bayam, manfaat ikan tuna dan telur.

-Membantu Tidur dan Suasana Hati

Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

Cara Mengolah Sawi

Khasiat sawi sebenarnya sudah banyak disadari oleh masyarakat. Namun, mereka belum tahu bagaimana cara mengolah sayuran dengan baik, sehingga khasiat yang dimiliki oleh sawi hilang. Sebelum mengonsumsi, cuci daun sawi di dalam semangkuk air dingin secara berulang sampai tidak ada pasir atau kotoran di dalam air. Saat mengolah sawi, usahakan selalu memakai api besar sehingga suhu panas tidak mengeluarkan banyak air, sehingga tidak banyak sulfur yang larut dan tetap renyah. Jangan terlalu lama mengolah atau merebus sawi karena daun sawi terlalu lunak dan aroma sulfur terlalu tajam.

Senyawa glukosinolat yang terkandung di dalam sawi bersifat mudah Iarut dalam air. Oleh karena itu, memasak sawi sebaiknya dikukus atau ditumis. Namun, apabila terpaksa harus direbus, sebaiknya jangan menggunakan air terlalu banyak dan usahakan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Akan tetapi, lebih baik lagi apabila sawi baru dimasukan setelah air mendidih.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai sawi hijau yang bermanfaat cegah kanker, semoga artikel yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Khususnya untuk anda yang memang mengidap penyakit kanker, anda dapat mengkonsumsi sawi hijau secara teratur dan dengan porsi yang sederhana. Semoga bermanfaat..

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Manfaat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Tubuh

Kenali Sawi Hijau Yang Bermanfaat Cegah Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *