Dampak Positif dan Negatif Minum Bir Tiap Hari

Ketahui Dampak Positif dan Negatif Minum Bir Tiap Hari

Benarkah minum bir tiap hari sangat bagus untuk kesehatan? untuk itu klarifikasi terlebih dahulu tentang dampak positif dan negatif minum bir tiap hari.

Buka tutup botol minuman favorit anda dan nikmati bersama teman-teman di akhir pekan. Sebuah studi mengungkapkan kalau minum bir tiap hari bagus untuk kesehatan. Benarkah demikian? Sepertinya bisa saja, namun tak hanya anggur, bir pun menyimpan manfaat bagi kesehatan bila diminum sesuai takaran dan tidak berlebihan. 

Tapi tunggu dulu, menurut pandangan Agama Islam apabila bir tersebut tidak mengandung zat yang bisa memabukkan, maka boleh meminumnya. Tapi jika mengandung sesuatu yang bisa memabukkan, maka haram bagi kita meminumnya walaupun kandungannya sangat rendah. Begitu juga segala minuman dan makanan yang bisa memabukkan, haram bagi kita meminumnya atau memakannya, walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit. Dan wajib bagi kita untuk menjauhinya. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءاَمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنصَابُ وَاْلأَزْلاَمُ رِجْسُُ مِّنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syetan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maidah: 90).

Dan juga berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَ كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ

“Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap yang memabukkan adalah haram.” (HR. Muslim).

Dikutip dari konsultasisyariah.com

Dampak Positif Minum Bir

minum-birSelama ini bir dianggap sebagai minuman beralkohol yang hanya mendatangkan musibah tanpa ada satu pun manfaat. Nyatanya, peneliti di Inggris justru menemukan manfaat lain dari bir seperti dikutip dari health.liputan6.com :

1. Menguatkan tulang

Minum bir diketahui dapat melemahkan tulang. Tapi, studi baru menunjukkan minum dua gelas bir sehari dapat meningkatkan kepadatan tulang. Ini semua terkait dengan tingginya tingkat silikon yang hadir di dalam bir.

Studi lain juga menyebut, minum dua gelas bir sehari telah dikaitkan dengan berkurangnya risiko untuk patah tulang.

2. Kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menyatakan manfaat bir bagi kesehatan jantung. Satu studi melaporkan bir dapat meningkatkan kadar HDL yang juga dikenal sebagai kolesterol baik yang membuat arteri tidak mudah tersumbat.

3. Ginjal sehat

Studi lain juga menunjukkan bir membantu mengurangi risiko pengembangan batu ginjal.

4. Kaya vitamin B

Bir menyimpan banyak sumber vitamin B seperti folat, niacin, asam pantotenat, riboflavin, dan vitamin B6 dan B12. 

Vitamin B6 yang diketahui untuk menjaga kesehatan jantung dapat menurunkan kadar homosistein yang dapat merusak arteri dan menyebabkan pembekuan darah.

Dampak Negatif Minum Bir

Minuman bir bermanfaat jika anda minum dengan sesuai takaran atau tidak berlebihan, jika anda minum secara berlebihan maka akan berdampak sebaliknya, minum bir jadi memiliki sisi negatif seperti yang kebanyakan orang alami seperti :

1. Gangguan Mental Organik (GMO)

Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.

2. Merusak Daya Ingat

Kecanduan minuman keras dapat nghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.

3. Oedema Otak

Pembengkakan dan terbendunganya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.

4. Sirosis Hati

Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.

5. Gangguan Jantung

Terlalu banyak minum minuman keras dapat membuat kerja jantung tidak berfungsi dengan baik.

6. Gastrinitis

Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara2 muntah akibat mninuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.

7. Paranoid

Karena kecanduan, kadang2 peminum sering seperti merasa kepala dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang di sekelilingnya.

8. Keracunan/Mabuk

Terlalu banyak minum minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dirinya alias udah naik atau ngefly. Biasanya ini yang dibilang “enak” dari minuman keras. Kok bisa ya? Padahal udah jelas-jelas keracunan.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai dampak positif dan negatif minum bir tiap hari, meskipun kita telah mengetahui berbagai dampak positif pada minuman bir , namun kita harus mengetahui bahwa kita selaku beragama Islam maka minum bir haram hukumnya, jadi kalau bisa jangan sesekali untuk mencoba minuman haram tersebut sekalipun memiliki manfaat untuk kesehatan. Ingat, masih banyak cara lain yang dapat menyehatkan tubuh selain dengan minum bir. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Terus kunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Pentingnya Memelihara Kesehatan Bagi Generasi Dewasa Muda

Dampak Positif dan Negatif Minum Bir Tiap Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *