Ketahui Cara Penularan Rabies Paling Berbahaya

Ketahui Cara Penularan Rabies Paling Berbahaya

Pernahkah anda di gigit se ekor anjing gila yang mana dapat menularkan rabies? Untuk itu, ketahui cara penularan rabies paling berbahaya.

Selamat datang di salah satu website resmi milik Alfian Herbal yang merupakan Agen resmi pusat penjualan obat herbal secara online yang terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya.  Pada kesempatan kali ini pihak Alfian Herbal akan memberikan informasi penting seputar kesehatan yang akan meliputi “ketahui cara penularan rabies paling berbahaya”.

Nah, berhubung pada website resmi ini tidak hanya produk herbal atau informasi tentang pengobatan penyakit saja yang dapat kami sampaikan, kutipan sederhana seperti artikel kesehatan ini juga dapat kami sampaikan meskipun singkat namun insyaAllah mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua. Simak terus sampai tuntas ulasan berikut!

Apa sih Rabies itu ?

cara-penularan-rabiesRabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. Rabies disebut juga penyakit anjing gila.

Cara penularan rabies merupakan tahap tahap virus rabies ketika masuk, menginfeksi lalu menyebar kejaringan tubuh dengan cara yang berbeda beda. Penularan rabies disebabkan oleh infeksi virus rabies yang masuk dalam golongan Rhabdovividae dan genus lysavirus yang memiliki hanya satu utas negatif RNA yang tidak mempunyai segmen.

Rabies di Indonesia

Menurut data yang dihimpun Kementrian Kesehatan Indonesia, terdapat sekitar 70 ribu kasus gigitan hewan penular rabies di tahun 2013. Dari keseluruhan kasus tersebut, terdapat 119 orang di antaranya yang positif terkena rabies. 

Di tahun 2013 tersebut, Provinsi Bali masih menjadi daerah paling banyak mendapat kasus gigitan hewan penular rabies dengan persentase hampir mencapai 60 persen dari total kasus di seluruh Indonesia. Sedangkan daerah kedua paling banyak mendapat kasus gigitan hewan penular rabies adalah Provinsi Riau (7,4 persen), diikuti Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Lantas apa yang jadi pemicu munculnya virus rabies pada hewan?

Tidak semua hewan terinfeksi oleh virus rabies penyebab muncunya penyakit rabies pada manusia, sepanjang hewan hewan tersebut terawat degan baik, Makan makanan yang layak dan hidup pada lokasi yang tidak berpotensi mengandung partikel beracun, Kuman, Bakteri atau virus.

Cara penularan rabies pada hewan bisa dipicu oleh beberapa hal Seperti hewan selalu berinteraksi dengan tempat pembuangan sampah, tempat pembuangan limbah industri, Selokan, Kubangan hewan lain, berinteraksi dengan bangkai hewan lain, Kandang yang tidak higienis, Lumpur yang terkontiminasi kotoran hewan lain dan sebagainya.

Berikut inilah Cara Penularan Rabies Yang perlu di Ketahui

1. Melalui udara

udara yang mengandung partikel virus rabies dapat terhirup oleh manusia lalu masuk melalui selaput lendir dalam rongga mulut atau hidung dan menginfeksi sistem pernafasan. Udara merupakan media paling mudah sebagai cara penularan rabies terhadap manusia. Contohnya gua tempat kelelawar atau menyentuh dan berinteraksi dengan bangkai hewan yang mati dalam kondisi terinfeksi virus rabies.

2. Melalui gigitan

Melalui gigitannya hewan apapun yang telah terinfeksi rabies dapat cepat memindahkan virus rabiesnya untuk segera masuk dalam jaringan kulit yang telah luka dan terkoyak melalui air liurnya. Cara penularan rabies melalui gigitan dapat menyebabkan gangguan saraf dan kerusakan sumsum tukang belakang dan menuju jaringan otak.

3. Terkena cairan liur

Cara penularan rabies bukan hanya melalui udara ataupun gigitan hewan saja melainkan bisa terjadi ketika seseorang memiliki luka terbuka yang tidak dibalut perban terkena air liur hewan yang telah terinfeksi virus rabies kendati hewan tersebut tidak melakukan agresi penyerangan berupa cakaran ataupun gigitan. Cairan liur dapat masuk meresap kebagian luka dan langsung menginfeksi jaringan luka tersebut untuk kemudian mempengaruhi otot otot gerak.

4. Dari manusia ke manusia

Virus rabies tidak serta merta hanya ditularkan melalui udara, Hewan ataupun terkena air liur hewan secara tidak sengaja melainkan dapat pula melalui cara penularan rabies antara satu manusia ke manusia lain. Manusia yang telah terjangkit rabies dapat menularkan virusnya melalui air liurnya. Maka hindarilah memakai barang barang secara bergantian dengan penderita rabies atau menyantap makanan dalam satu sendok yang sama.

Baca Juga | Dampak Bahaya Akibat Infeksi Bakteri E-Coli

Bagi anda yang penasaran dan ingin memperbanyak pengetahuan tentang macam-macam kesehatan, jangan lupa untuk terus mengunjungi situs http://obatkankerkelenjargetahbening.alfianherbal.com/ untuk mengetahui artikel kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Alamat web diatas sekedar memberitakan seputar produk herbal yang berkualitas dan berbagai macam kutipan kesehatan, jadi simpan baik-baik link tersebut jika suatu saat anda membutuhkan baik untuk pembelian produk herbal atau bahkan hanya sekedar mencari tahu tentang berita-berita kesehatan yang telah kami kutip. Salam sehat!!!

Alamat Kantor Pusat Agen Resmi Alfian Herbal :

Jl Noenoeng Tisna Saputra Kp Sindanggalih Gg Pos Giro Rt 01 Rw 12 Kec. Tawang Kota Tasikmalaya 46115.

Ketahui Cara Penularan Rabies Paling Berbahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *